BREAKING NEWS
latest

Advertisement

Pengaruh Dialek Andalusia Terhadap Bahasa Maroko




Perlu diketahui, bahwa kita sering menjumpai istilah-istilah asing non-Arab di Maroko, tentu Bahasa Perancis telah melebur dengan bangsanya sejak masa penjajahan. Tapi, ternyata jauh sebelum penjajahan Perancis, Bahasa dan dialek Andalus yang dibawa oleh Moriscos telah lebih dahulu merebak di seantero Maghrib, khususnya wilayah Utara, dimana kebanyakan generasi bangsa Moor hidup. Dalam artikel ini, saya akan memaparkan bagaimana bahasa dan dialek orang-orang Andalus tersebut dapat memengaruhi Bahasa Maroko hingga tersebar dan dipakai dalam komunikasi sehari-hari.

Pengaruh dialek Andalusia di Maroko dapat dipelajari dalam dua tahap:
-    Tahap pertamaMembahas pengaruh yang diciptakan oleh beberapa komunitas Andalus sebelum abad ke-17 Masehi terhadap Bahasa Maroko.
-   Tahap kedua: Membahas secara khusus pengaruh yang berasal dari imigran Moriscos terhadap bahasa Maroko pada permulaan abad ke-17.


1.    Tahap pertama
Dalam biografi Ahmad Al-Mansour ad-Dzahabi (w. 1603 M), disebutkan: “Ia begitu terpesona terhadap masyarakat Andalus, mereka sangat menghormati bahasa dan aksen nenek moyang mereka, memuji dan menyanjung negara asal mereka, mereka sangat merindukannya..." (Ja’far al-Kattani, 2004).

Dari teks tersebut dapat ditarik beberapa ulasan, diantaranya sebagai berikut:
a)    Tersebarnya aksen Andalus (‘amiyah) di Maroko, terutama di daerah yang menampung komunitas-komunitas imigran Andalusia. Muhammad Bin Sharifah, mencatat bahwa terdapat sekitar 2153 peribahasa Andalus yang masih digunakan di beberapa wilayah kota dan pedesaan Maroko. (Az-Zajali al-Qurtuby, 1975)
b)    Imigran Andalus di Maroko masih mempertahankan bahasa mereka, dialek mereka berbeda dengan dialek orang Maroko pada umumnya, Ibn Khaldun mengakui hal itu dengan menyatakan bahwa penutur Andalus memiliki ciri khas bahasa tersendiri, yaitu bahasa atau dialek yang terpengaruh dari Galegos (Bahasa Arab: الجلالقة), berbeda dari bahasa orang-orang Timur. (Ibn Khaldun, 2008).

Diantara contoh pengaruh orang Andalus dalam bahasa Maroko ialah:
a)    Al-Imalah
Ialah mengganti huruf Alif (ا) dengan huruf Yaa’ (ي). Aksen tersebut dipakai oleh orang Andalus dan berdampak hingga pada bacaan Al Quran. Abdul Aziz al-Malzuzi (w. 1298 M) mengatakan: “Aneh ketika berada di Andalus, saat melewati sebuah masjid aku mendengar imam membaca Surat An-Nas, namun beberapa kata dalam ayat tersebut dibaca dengan imalah, seperti;
-       الوسواس” (al-waswaasi) dibaca “الوسويس” (al-wasweisi)
-       الخناس” (al-khannaas) dibaca “الخنيس” (al-khanneis)
-       يوسوس في صدور الناس” (yuwaswisu fii shuduurinnaas) dibaca “يوسوس في صدور النيس” (yuwaswisu fii shuduurinneis)
Hasan al-Yusi (w. 1691 M) telah memeriksa sendiri bukti penyebaran fenomena ini pada suku-suku Bni Zeroual, Utara kota Fez, dan pada suku-suku lain di Utara Maroko. (Muhammad Razuq, 2014).
b)    Tanpa Hamzah Mudhari’
Hamzah al-Mudhari’ dalam sintaksis Bahasa Arab merupakan huruf yang mengidentifikasi penggunaan kata kerja present continuous dengan bentuk tunggal. Namun, dalam aksen Andalus, mereka mengganti huruf tersebut dengan huruf Nun (ن) yang aslinya dipakai dalam bentuk jamak, seperti;
-       أمشي (amsyii) menjadi نمشي (namsyii)
-       أخرج (akhruju) menjadi نخرج (nakhruju)
-       أجلس (ajlisu) menjadi نجلس (najlisu)
Hanya saja, ketika sebuah kata kerja dipakai dalam bentuk jamak mereka menambahkan wau (و) di akhir kata, seperti:
-       نمشي (namsyii) menjadi نمشيو (namsyiu), dll.
Dan masih eksis pengaruh penggunaan gramatika tersebut dalam dialek Bahasa Maroko sampai hari ini. (Ibn Qasim Al-Hajari, 1987).
c)    Menambahkan Huruf Kaf
Termasuk ciri khas dialek Bahasa Andalus adalah mereka menambahkan huruf Kaf (ك) pada awal fi’il mudhari’ (kata kerja present continuous), seperti:
-       يكتب (yaktubu) menjadi كيكتب (kyaktubu)
d)    Kefasihan Bentuk dan Formula Gramatika Arab
Bahasa Andalusia diketahui masih mempertahankan kefasihan beberapa bentuk dan formula gramatika Bahasa Arab, contohnya membaca kasrah (baris bawah) pada ‘ain isim fa’il (عين اسم الفاعل), seperti: جالِس (jaalis), dan واقِف (waaqif), dll.
Sementara, pada masa pemerintahan Almohad di Maroko, kalimat tersebut selalu dibaca fathah (baris atas).
Dan beberapa daerah di Utara Maroko masih mengetahui penggunaan tersebut sampai hari ini.
e)    Tasghir
Diantara ciri khas dialek Bahasa Andalusia adalah gemar menggunakan tasghir, orang Maroko juga terpengaruh, dan sering menggunakannya dalam komunikasi sehari-hari. Misal, السوق (as-souk) dibaca السويقة (as-suwaiqah).
Bahkan, manuskrip-manuskrip Moriscos dipenuhi dengan banyak kosakata yang masih digunakan sampai hari ini di beberapa daerah, terutama di Utara Maroko.

2.    Tahap kedua
Tahap ini ditandai dengan penyebaran Bahasa Spanyol di Maroko, lalu menjalar kata-kata dan istilah teknisnya dalam bahasa Maroko sebagai akibat dari kedatangan imigran Moriscos setelah pengusiran terakhir yang terjadi pada abad ke-17 Masehi.

George Mouette mencatat bahwa penyebaran bahasa Spanyol di Maroko berdasarkan pengusiran Moriscos karena dibawa bersama mereka dan menyebar hari ini (tahun 1683) seperti bahasa Arab. (G Mouette, 1683).

Sebagaimana data statistik yang disebutkan Louis Brunot, bahwa dari 753 kosakata dan istilah kelautan yang digunakan di kota Rabat dan Salé, 217 diantaranya ialah berbahasa Spanyol. (L. Brunot, 1920).

Berikut adalah contoh kosakata Spanyol yang telah tersebar di Maroko:

Bahasa Spanyol
Keterangan Dalam Bahasa Arab
Dialek Maroko
Babor
باخرة
بابور
Emabajador
سفير
باشدور
Barraca
كوخ
براكة
Plaza
ساحة
بلاصة
Blusa
لباس
بلوزة
Pandera
دف
بندير
Duro
نقد إسباني
دورو
Rueda
العجلة
الرويدة
Ruina
تخريب
الروينة
Tabaco
تبغ
طابة
Cantina
حانة
كانتينا
Capote
معطف
كبوط
Carro
عربة
كارو
Carta
ورقة اللعب
كارطة
Cigarro
سيجارة
كارو
Coche
كدش، عربة
كوتشي
Comer El pan
خبز
كومير
Compania
شركة
كمبيانة
Corneta
بوق
كورنيطة
Culata
بندقية
كلاطة
Cocina
مطبخ
الكشينة
Gamela
قدر
كاميلا
Gana
رغبة
كانا
Gueera
حرب
كيرة
Cala
حجارة أو غيرها توضع أمام العجلة وخلفها كي تثبت في مكانها
الكالة
Canapé
شبه سرير من الخشب
الكنابي
Lampara
مصباح
لامبة
Lata
قطعة من الحديد الأبيض
لاطة
Luisa
نبات طيب يستعمل في الشاي
لوبزة
Armario
خزانة ملابس
الماريو
Manera
طريقة
مانيرة
Manta
لحاف
مانطة
Muquina
آلة
ماكينة
Muñeca
دمية
مونيكة
Maza
المطرقة الغليظة
الماصة
Marca
النوع
الماركة
Sala
قاعة فسيحة
صالة
Sandalia
نعل
صندالة
Dablon
نقد ذهبي إسباني (وهو حاليا نوع من الحلي تستعمله المرأة)
ضبلون
Gancho
حديد معتوقف يستعمل في غلق الباب وفي شد العربة اللدابة
الغانجو
Falta
خطأ
فالطا
Fabrica
مصنع
فبريكا
Factura
فاتورة
فاكتورة
Fachada
واجهة البناية
فرساطة
Forma
شكل
فورمة
Falso
زور، باطل
فالصو
Familia
عائلة
فاميلا
Fraile
راهب
فرايلي
Fresco
طري
فريشك
Garganta
حنجرة
قرجوطة
Semana
أسبوع
سمانة
Sopa
حساء
سوبة
Suerte
حظ
سورت
Zapato
حذاء
سباط


Referensi:

Al-Hajari, Ahmad ibn Qasim. Nasir ad-Din ‘ala al-Qaum al-Kafirin, di-tahqiq oleh Muhammad Razuq, (Casablanca, 1987).

Al-Kattani, Ja’far. Silwat al-Anfas wa Muhadatsat al-Akyas bi Man Aqarra min al-‘Ulama wa as-Shulaha’ bi Fas, di-tahqiq oleh Abdullah al-Kamil al-Kattani, dkk, ed. 1, (Casablanca: Dar ats-Tsaqafah, 2004).

Az-Zajali al-Qurtuby. Amtsal al-‘Awam fi al-Andalus, di-tahqiq oleh Muhammad Ibn Sharifah, (Fes, 1975).

Brunot, L. Notes lexicologiques sur le vocabulaire Maritime de Rabat-Salé, (Paris, 1920).

Ibn Khaldun. Muqaddimah, ed. 1, (Alexandria, 2008).

Mouette, G. Relation de Captivité dans les royaumes de Fes et du Maroc, (Paris, 1683).

Razuq, Muhammad. Al-Andalusiyyun wa Hijratuhum ila al-Maghrib Khilal al-Qarnain 16-17, (Casablanca, 2014).

« PREV
NEXT »

No comments