BREAKING NEWS
latest

Advertisement

Apa Itu al-Farsyiyyat Dalam Ilmu Qiraat ?


1.      Al-Farsyiyyat

Yang dimaksud dengan farsyiyyat dalam ilmu qiraat adalah hukum yang munfarid (tersendiri) dan tidak berulang-ulang atau seragam, yaitu hukum yang terdapat dalam beberapa surat dengan cara baca setiap kalimat Al-quran nya berbeda antar ulama qiraat, bersandarkan kepada para perawinya.

Ketika menyebutkan farsyiyyat, pikiran kita langsung tertuju kepada perbedaan-perbedaan car abaca suatu kalimat dalam qiraat.

            Contoh farsyiyyat yaitu :

-           ﴿ مالك يوم الدين dan ﴿ ملك يوم الدين . Imam ‘Ashim dan Imam al-Kissa’i membaca (مالك) sedangkan yang lain membaca (ملك).

-          ﴿يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا إِنْ جَاءَكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَأٍ فَتَبَيَّنُوا أَنْ تُصِيبُوا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَى مَا فَعَلْتُمْ نَادِمِينَ Dalam qiraat lain yang mutawatir ada yang membaca( فتبينوا )  dengan( فتثبتوا ) .

-          Begitu juga pada ayat ﴿ اللَّهُ الَّذِي خَلَقَكُم مِّن ضَعْفٍ ثُمَّ جَعَلَ مِن بَعْدِ ضَعْفٍ قُوَّةً ثُمَّ جَعَلَ مِن بَعْدِ قُوَّةٍ ضَعْفاً . Dalam qiraat lain dibaca ( ضُعْف ). Dan lain sebagainya.
« PREV
NEXT »

No comments