BREAKING NEWS
latest

Advertisement

Merokok di Musim Dingin

Aku bingung.. kenapa yah di Maroko ini setiap musim dingin semuanya pada merokok?! Ga hanya anak-anak remaja, orang tua bahkan anak kecil pun masih bermain-main asap di mulutnya..
Nah, karena melihat semuanya pada merokok, akupun jadi ikut-ikutan-_- , ya malu donk cuma sendirian nih yg ga ngerokok..
Dengan terpaksa aku juga bermain-main asap di mulutku..
Tetapi anehnya di siang hari mereka berhenti merokok, dan bahkan tidak satupun yang di antara mereka bermain asap ketika itu, mungkin karena adanya matahari kali yah?! Sehingga membuat suhu lingkungannya jadi meningkat..

Hahahaha :D
Sorry guys, aku tidak mengatakan mereka merokok beneran loh, tetapi memang dikala musim dingin di ujung Afrika ini tepatnya negara yg berbatasan langsung dengan Spanyol (Eropa) membuat semua masyarakatnya bermain-main asap di mulut mereka sangking dinginnya.
Nah, ngomong-ngomong aku selaku orang Asia yang beriklim hujan tropis betah ngga ya di sini?? Haha :D
Memang sih Indonesia yang hanya memiliki dua musim (hujan dan kemarau) tidak pernah mengalami yang namanya musim dingin ataupun musim panas..
Dan akulah salah satu korban tropisnya cuaca di Indonesia :D
Selama 18 th lamanya aku menginjakkan kaki di Indonesia dan telah menjelajahi tanah kelahiranku (Aceh).
Yang hanya terasa selama itu hanyalah kemarau yang tak begitu panas, dan hujan yang tak begitu dingin :D
Namun selama itu pula aku belum pernah melihat orang Indonesia merokok jama'ah seperti yg kulihat sekarang.. belum pernah juga aku melihat orang Indonesia memakai baju berlapis-lapis dengan dibalut jaket tebal, kecuali di Takengon (Aceh Tengah) dan Berastagi (Sumatera Utara).
Ya wajar sih, kedua daerah itu terletak di pegunungan yang memang dinginnya sama seperti di kulkas, itu sih dulu..saat aku berkunjung ke sana sekitar thn 2008 :D
Ya.. begitulah singkat ceritanya dimana seorang perantau seperti diriku berusaha menguasai lingkungan baru yg tak pernah kurasakan dahulu..
Sempat sih tahun lalu aku mengambil sedikit ilmu di Malang yg dikenal dengan dinginnya kota itu. (Wah, setahun lamanya tp hanya sedikit ilmu yg ku dapat ya? Haha :D.. yaa bagiku setahun itu waktu yg sangat singkat untuk menuntut banyak ilmu).
Tapi buktinya aku tidak pernah merasa sedingin ini sekarang, sedangkan Malang jg berada di daerah pegunungan, jadi wajar saja kalau dingin.
Seandainya gunung-gunung di Malang dapat dicabut dan dipindahkan oleh Allah ke Aceh tepatnya di Langsa (kota dimana aku dibesarkan), toh bakalan dingin juga hahaha :D..
Nah, sekarang aku terlempar ke ujung benua Afrika ini. Semuanya yang kulihat, aku dengar, dan aku rasakan sangatlah berbeda.
Seakan aku berada dalam film-film barat yang selama ini sering aku tonton :D
Hah ? Film barat?!
Mungkin kalian heran yah, bukannya Maroko itu negara Islam layaknya negara-negara Timur Tengah lainnya seperti Mesir, Sudan, Arab Saudi, dll?
Kok malah aku menyebutnya bagai di Eropa??
Maaf guys aku harus berkata jujur.. Maroko memang negara Islam seperti negara Islam lainnya, namun banyak perbedaan antara negara ini dengan yg lain dari cultural nya.
Yah, wajar donk.. secara letak geografisnya saja negara ini sebagai pintu gerbangnya Andalus (Eropa).
Sehingga kebudayaan mereka telah bercampur baur dengan budaya barat.
Mungkin di Casablanca, daerah dimana aku tempati sekarang sih tidak begitu kelihatan eropanya. Tapi coba kita menuju kota Ifrane, kota tsb hampir 100persen nya mirip dengan eropa, baik dari bangunan maupun ketika musim dinginnya di sana.
Ada apa ya dengan musim dingin di kota itu?
Haha guest it !
That's right... ada saljunya..
ternyata di sanalah puncak keindahannya maroko.
Begitu juga di Oukaimeden..
aku sih rencananya akan ke sana nih liburan nanti.. ^_^
Di sini saja aku sudah bisa merokok apalagi di sana?? Mungkin orang-orang di sana mata & telinganya jg ikutan berasap ya? Hahaha :D
Mari kita buktikan !
Nantikan perjalananku selanjutnya..Hehehe ^_^
« PREV
NEXT »

No comments