BREAKING NEWS
latest

Advertisement

TAHUKAH ANDA Bahwa Maroko Ialah Tempat Pertama Pembuatan Kertas?

Kita ketahui, bahwa kertas merupakan salah satu kontribusi penting dalam seluruh aspek keilmuan, eksak maupun non-eksak. Terlebih ketika suatu bangsa dikenal sangat antusias mengkaji berbagai sumber pengetahuan, karenanya akan meningkatkan sebuah peradaban. Ibnu Khaldun pernah mengatakan bahwa ilmu bukan hanya menyangkut perihal materialistis, melainkan dengannya juga seseorang bisa hidup dengan baik dalam masyarakat maju dan berbudaya.

Al-Maqqari, sejarawan muslim kelahiran Al-Jazair tahun 1577 M, pernah menjadi Mufti dan Imam Jami' Qarawiyyin Fes pada 1603 M menyebutkan bahwa kumpulan buku-buku di Spanyol tidak akan mungkin ada tanpa adanya kertas di negeri itu. Tanpanya pula, percetakan dengan mesin cetak (yang ditemukan di Jerman sekitar pertengahan abad ke-15) tidak akan berhasil. Umat Islam lah yang telah berkontribusi mewujudkan peradaban Eropa. Dan Maroko adalah tempat pertama pembuatan kertas, lalu industri kertas menyebar ke Timur, hingga akhirnya mencapai Spanyol pada pertengahan abad ke-12.

Seperti kata "ream" dalam bahasa Inggris, adalah serapan dari bahasa Perancis "rayme", berasal dari bahasa Spanyol "resma", dan dari bahasa Arab "rizmah", yang berarti bundel.

Setelah Spanyol, industri kertas dikembangkan di Italia antara tahun 1268-1276 M juga atas pengaruh umat Islam, yang berasal dari Sisilia.
« PREV
NEXT »

No comments