BREAKING NEWS
latest

Advertisement

DI MANAKAH Keberadaan Cucu-Cucu Dari Keturunan Moriscos Saat Ini?

Beberapa tahun belakangan muncul sebuah berita berjudul "Les Musulmans Réclament Le Droit Du Retour" yang diterbitkan dalam surat kabar Maroko (Correo Diplomatico, 2015) dan sempat mengejutkan pemerintah Spanyol hingga para tokoh sejarawan dunia lantas Ahmad Mourisque Bensalh (seorang wartawan Maroko, diduga sebagai keturunan Moriscos) menyatakan bahwa cucu-cucu dari keturunan kaum Moriscos mengklaim akan kembali ke tanah air mereka, Andalusia-Spanyol. Dan mereka harus mendapat kewarganegaraan Spanyol.

Hal ini ia utarakan setelah José Ribeiro e Castro, seorang anggota parlemen Portugal merancang undang-undang untuk mengembalikan Yahudi Sephardik (Converso dan Marranos) setelah kejadian pembantaian dan pengusiran oleh inkuisisi dan penguasa Spanyol sekitar 500 tahun lalu karena dianggap sebagai kejahatan perang.

Berangkat dari keinginan José Ribeiro tersebut, Ahmad Mourisque menilai adanya diskriminasi mencolok dan ketidakadilan jika undang-undang yang ia rancang berhasil direalisasikan, mengingat kaum Moriscos juga mendapat perlakuan yang sama ketika itu oleh penguasa Spanyol. Dan saat ini, terdapat sekitar lima juta cucu-cucu keturunan Moriscos yang mendiami Maroko, seperti di kota Tangier, Tetouan dan Chefchouan. Sedangkan sekitar lima juta lainnya tersebar di beberapa negara seperti Al-Jazair, Tunisia, Mauritania, Libya, Mesir dan juga Turki.

José Ribeiro menutup mata dengan mengatakan bahwa kewarganegaraan Spanyol hanya berhak diberikan kepada keturunan Sephardik Yahudi, sedangkan bahasa Arab adalah penjajah yang sepatutnnya menerima penarikan kembali daerah jajahannya.
« PREV
NEXT »

No comments