BREAKING NEWS
latest

Advertisement

MENGENAL Beberapa Istilah Bangsa Andalus Pasca Reconquista

1. Mudéjar :

(Bahasa Arab: مدجن) ialah umat Muslim Andalus yang tunduk dibawah kekuasaan Kerajaan Kristen Spanyol, sejak Kapitulasi Granada pada tahun 1492. Mereka mendapatkan hak penuh dalam menjalankan syariat Islam sebagaimana perjanjian yang telah diratifikasi oleh Raja Muhammad XII dan pasangan monarki Katolik Ferdinand II dan Isabel.

Hingga tahun 1502, uskup agung Katolik dan komite inkuisisi melakukan kristenisasi seluruh warga Muslim, mereka diberi pilihan antara konversi ke agama Kristen Katolik atau diusir dari Semenanjung Iberia.

Thomas de Torquemada, ditunjuk sebagai pelaksana inkuisisi agung oleh Paus Innocentius VIII, terjadilah pembantaian dan teror dengan menyiksa, membunuh dan membakar ribuan manusia di tiang-tiang karena dianggap melakukan bid'ah (penyimpangan dari ajaran Katolik). Kebiadaban Dewan Inkuisisi Spanyol ini telah ditulis oleh sejarawan Amerika, Henry Charles Lea, dalam empat bukunya yang berjudul "A History of The Inquisition of Spain".


2. Moriscos atau Crypto-Muslim :

Yaitu istilah yang muncul pasca Reconquista, merujuk kepada penduduk muslim Andalus yang dipaksa berpindah keyakinan menjadi pemeluk agama Kristen Katolik karena diberhentikannya toleransi terhadap seluruh muslimin di Spanyol oleh Ratu Isabel tahun 1502, perjanjian yang semula ditulis dan disepakati bersama dengan Raja Muhammad XII pun dibakar. Sebagian mereka, meski secara dhahir telah dibaptis ke dalam agama Katolik, namun masih mempraktikan syariat Islam secara tersembunyi menggunakan Bahasa Aljamiado, ialah bahasa Spanyol yang ditulis menggunakan aksara Arab.


3. Marranos atau Crypto-Jews :

Berarti "babi", ditujukan kepada umat Yahudi yang dipaksa berpindah agama menjadi Katolik alias pemeluk baru setelah diputuskan Dekrit Alhambra tahun 1492. Dan mereka secara tersembunyi masih memelihara keyakinannya. jika diketahui, mereka akan ditangkap inkuisisi, lalu dihukum mati.
« PREV
NEXT »

No comments