BREAKING NEWS
latest

Advertisement

Fobia Islam dan Reconquista

Beberapa tahun lalu saat isu-isu terorisme menyebar di kalangan masyarakat Eropa, istilah ini muncul dan mulai memarak. Perlu diketahui, praktik dari istilah tersebut sudah terlebih dahulu menyembul sejak penaklukkan Islam hingga runtuhnya Eropa yang berakhir pada praktik kristenisasi dan expulsion dari Andalusia.

Peristiwa Pasca Reconquista:
Tahun 1491

Dikeluarkannya Perjanjian Granada, yang menjanjikan kebebasan beragama Islam maupun Yahudi oleh Ratu Isabel dan suaminya Raja Ferdinand II. Saat itu masyarakat Muslim, Kristen dan Yahudi hidup damai berdampingan di Granada.

Tidak bertahan lama, isu-isu islamophobia dan judephobia muncul, sampai akhirnya janji tersebut dibatalkan.

Raja Ferdinand membuat inkuisisi Spanyol (Institusi Pengadilan Gereja yang memerintahkan kristenisasi seluruh penduduknya demi memelihara ortodoksi Katolik di Spanyol).

Tahun 1492

Ferdinand dan Isabel mengeluarkan Dekrit Alhambra yang memerintahkan seluruh Yahudi untuk meninggalkan tanah Spanyol, namun banyak dari mereka yang memilih untuk menetap meski harus berpindah keyakinan.

Sedangkan umat muslim ketika itu masih diberikan toleransi untuk menjalankan aktivitas ibadahnya seperti biasa karena terikat perjanjian yang dibuat oleh Muhammad XII, raja terakhir Kerajaan Islam di Granada saat ia menyerahkan kunci istana (kekuasaannya) kepada penguasa Kristen. Perpindahan agama umat Yahudi ke Kristen saat itu disebut dengan istilah "conversos".
« PREV
NEXT »

No comments