BREAKING NEWS
latest

Advertisement

MAROKO Menutup Seluruh Yayasan Sekolah Fathullah Ghulen

Pihak berwenang Maroko mengatakan akan menutup semua kelompok, sekolah dan yayasan yang memiliki jaringan dengan Fathullah Ghulen dalam jangka waktu satu bulan ini, diantaranya yaitu  "Mehmed Al-Fatih" dan "Al-Khidmah". Hal itu diduga karena adanya kaitan dengan percobaan kudeta yang terjadi beberapa bulan lalu di Ankara, Turki.

Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri Maroko telah memberi peringatan kepada beberapa yayasan untuk tidak menyebarkan ideologi-ideologi yang tidak kompatibel dengan unsur-unsur pendidikan dan agama di Maroko. Akan tetapi mereka tidak mengindahkan peringatan tersebut, bahkan dikatakan mereka menyusupkan beberapa materi pelajaran yang memiliki pengaruh pemikiran dan
intelektual Fathullah Ghulen.

Oleh karena itu, Kementerian Pendidikan memutuskan untuk menutup semua yayasan tsb dalam rangka untuk memperbaiki kompatibilitas dengan persyaratan hukum dan kurikulum yang berlaku. Pihak kementerian juga berencana akan mendaftarkan semua siswa yang bersekolah di sekolah itu pada lembaga pendidikan lainnya.

Sementara, yayasan "Mehmed Al-Fatih" di Maroko sudah berdiri sejak tahun 1993 dan memiliki delapan cabang di beberapa kota seperti Tangier, Casablanca, Fez, Tetouan dan El-jadida. Metode pengajaran pada yayasan tsb 90% nya dibentuk oleh pemerintahan Maroko, dan mendatangkan para pengajar dari Turki untuk mengisi silabus perkuliahan pada jenjang sarjana. Sistem belajar mengajar di sekolah tsb seluruhnya menggunakan Bahasa Inggris.

Diketahui, lembaga pendidikan tsb memiliki siswa berjumlah 2500 siswa, mulai tingkatan SD hingga tingkat menengah. 2.470 diantaranya ialah mahasiswa Maroko dan sisanya Turki.

Liputan: Aljazeera
« PREV
NEXT »

No comments