BREAKING NEWS
latest

Advertisement

Aceh dan Tsunami

“Aceh” merupakan sebuah nama provinsi yang berada di Indonesia. Provinsi ini terletak di ujung Barat Indonesia, yang memiliki lebih dari dua puluh kabupaten/kota. Provinsi ini juga sempat menghebohkan dunia di tahun 2004 dengan bencana alam terbesarnya yang kita kenal dengan “tsunami”. Karena bencana itulah masyarakat Aceh hingga sekarang dengan bangga mengatakan ”siapa yang tidak kenal Aceh?”

 Hal itu menunjukkan bahwa Aceh hingga sekarang dikenal oleh dunia dengan Tsunami nya. Telah dibuktikan oleh para perantau Aceh yang berhijrah ke berbagai daerah bahkan ke negara-negara luar Indonesia. Namun dibalik kebanggaan yang dirasakan oleh masyarakat Aceh, ada juga yang merasa malu dengan kejadian bencana alam yang sangat dahsyat itu.

Aceh dikenal dengan Serambi Mekah karena syari’at Islamnya yang berjalan dan ditegaskan oleh pemerintah Aceh itu sendiri. Namun banyak yang berpendapat bahwa sebelum terjadinya Tsunami itu syariat sudah luntur. Ditandai dengan banyaknya terjadi perzinahan di beberapa daerah di Aceh. Kita sebagai umat Islam menyadari bahwa Allah memberikan cobaan kepada sekelompok umat karena Allah sayang kepada mereka. Allah tidak rela jika ada segelintir orang yang mengotori sebuah daerah yang suci akan keislamannya.
Tahun 2004 lalu, tepatnya pada tanggal 26 Desember Aceh mengalami penderitaan yang luar biasa. Gempa dengan kekuatan 8,9 skala richter dan juga gelombang air laut menggulung kota Banda Aceh dan sekitarnya. Gempa dan gelombang besar ini telah merobohkan ratusan bangunan dan menewaskan lebih kurang 200.000 jiwa pada saat itu. Bencana dahsyat tersebut membuat dunia menangis dan merasa prihatin dengan kota Serambi Mekah ini sehingga banyak relawan dari seluruh penjuru dunia yang diutus untuk memberikan bantuan kepada masyarakatnya.
Namun sayangnya, dengan didatangkan relawan dari luar membawa dampak negatif bagi masyarakat Aceh ketika itu. Mereka tidak hanya memberikan bantuan melainkan juga ada unsur politik yang dilakukan terhadap masyarakat Aceh yang kita kenal dengan kristenisasi. Di antara korban Tsunami Aceh pada ketika itu dengan terpaksa menerima ajakan mereka karena pada dasarnya mereka sudah tidak memiliki apapun sebagai bekal hidup mereka. Tetapi ada juga yang tetap mempertahankan akidah dan keimanan mereka sebagai umat Islam. Demikianlah sekilas pembahasan tentang Aceh dan Tsunami. 



« PREV

No comments